Contoh Surat Izin yang Baik dan Benar

surat izin

Panduan Lengkap dan Contoh Surat Izin yang Baik dan Benar – Surat izin adalah surat pribadi yang bersifat kedinasan atau terikat dengan suatu lembaga tertentu. Surat ini menyatakan seseorang atau penulis surat bahwa dirinya tidak dapat mengikuti kegiatan atau acara kelembagaan karena terhalang suatu kendala, kondisi atau hal lain yang tidak dapat ditinggalkan atau dihindari. Anda yang masih kebingungan untuk menulis surat izin, berikut kami berikan panduan lengkap untuk menulisnya:

Unsur-Unsur dalam Surat Izin

Dalam membuat surat izin, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu unsur-unsur penulisan surat yang dapat membantu penulis agar membuat surat yang lebih rapi, terstruktur, dan lengkap. Surat izin yang lengkap unsur-unsurnya tentu akan membuat surat mudah dipahami dan lebih tinggi kredibikitas atau tingkat kepercayannya. Adapaun unsur-unsur dalam contoh surat izin tersebut antara lain:

  • Tempat dan Tanggal Surat

Unsur ini adalah hal yang paling vital untuk ditulis karena memuat informasi mengenai waktu dibuatnya surat tersebut. Posisi penulisan tempat dan tanggal surat ini ada di sebelah kanan atas surat izin.

  • Alamat Surat

Alamat surat penting dicantumkan dalam contoh surat izin karena menunjukan sasaran yang akan dituju. Alamat surat ini diletakan sebelah kiri atas surat dengan menyebutkan jabatan atau nama penerima surat. Misalnya, jika diperuntukan untuk ke sekolah maka penulisannya: Ibu/ Bapak Wali Kelas X-IPS-1 SMA Negeri Harapan Bangsa, jika surat diperuntukan untuk kerja maka penulisannya: Kepala HRD PT Bahagia Sentosa Tbk. Jalan Soekarno-Hatta Nomor 1 Kota Bandung

  • Salam Pembuka

Penulisan salam pembuka dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan pada penerima surat. Posisi dalam pembuka berada tepat dibawah alamat surat yang dituju. Contoh salam pembuka ini  misalnya dengan hormat, assalamualaikum, dan lain-lain

  • Isi Surat

Isi dari contoh surat izin berisikan hal-hal yang memuat inti atau maksud dari surat izin yang terbagi menjadi paragraf pembuka yang menjelaskan identitas penulis sebagai pihak yang meminta izin, paragraf pokok yang menjelaskan alasan penulis izin dari kegiatan kelembagaan, dan paragraf penutup yang berisikan kalimat penutup dan ucapan terima kasih.

  • Salam Penutup

Penulisan salam penutup ini dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan akhir penulis kepada penerima surat. Posisi salam penutup ini berada di sebelah kanan bawah isi surat. Contoh salam penutup ini misalnya hormat saya.

  • Nama penulis dan Tanda Tangan

Setelah menuliskan salam penutup, dibawahnya dituliskan nama penulis beserta keterangannya. Dianatara nama penulis dan keterangan disisakan ruang kosong sebagai temapt untuk mebubuhkan tanda tangan penulis surat.

Tips Membuat Surat Izin yang Baik dan Benar

Ketika kita akan membuat contoh surat izin kepada instansi atau lembaga tertentu haruslah memperhatikan beberapa hal penting agar surat tersebut ditulis dengan baik dan benar. Jika surat izin ditulis dengan baik dan benar, tentu akan lebih meyakinkan penerima surat. Adapun berikut ini kami siapkan beberapa tips untuk membuat surat izin yang baik dan benar:

  • Menyiapkan Alasan Membuat Surat Izin dengan Matang

Menulis surat izin kepada instansi atau lembaga haruslah didasari oleh alasan yang jelas. Usahakan alasan izin yang dikemukakan dalam surat ini murni, jujur, serta transparan (tidak ditutup-tutupi). Alasan yang tepat dan jelas akan membuat Anda lebih mudah diberikan izin, dengan catatan Anda memang benar-benar jujur berhalangan hadir untuk mengikuti kegiatan kelembagaan.

  • Memperhatikan Sistematika Penulisan  yang Baik dan Benar

Sistematika penulisan sangatlah penting diperhatikan dalam pembuatan surat izin agar penerima surat mudah untuk memahami isinya. Tulislah secara berurutan unsur-unsur contoh surat izin yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya dengan rapih dan teratur. Jika sistematika penulisannya benar, maka akan membuat kredibilitas/keterpercayaan surat izin ini akan semakin tinggi.

  • Usahakan untuk Menghindari Kesalahan Penulisan (Typo)

Meskipun jika terjadi kesalahan dapat ditutupi dengan correction pen (type-x), tetapi masih dapat terlihat bahwa terjadi kesalahan penulisan. Jika sudah terdapat jejak-jejak typo, maka nilai surat yang ditulis akan menurun sehingga dianggap kurang sopan. Oleh karana itu, usahakan jangan sampai ada kesalahan penulisan sedikit pun pada surat ya.

  • Menggunakan Bahasa Formal yang Mudah Dimengerti

Karena ditujukan kepada suatu institusi atau lembaga, maka bahasa yang digunakan dalam surat izin haruslah menggunakan bahasa formal tetapi mudah dimengerti oleh pembaca. Jangan menggunakan kata-kata tidak formal atau singkatan-singkatan karena akan membuat surat izin terkesan kurang baik dan tidak sopan.

  • Gunakan Amplop Ketika Mengirimkan Surat Izin

Kita seringkali lupa untuk menggunakan amplop ketika mengirimkan surat izin, padahal hal kecil tersebut bisa menurunkan kesan kesopanan dari surat yang kita kirim. Untuk itu, jangan lupa untuk mengirimkan surat menggunakan amplop dengan rapi untuk menghargai penerima surat.

Contoh Surat Izin

Setelah memahami unsur-unsur surat izin dan mengetahui tips membuat surat izin yang baik dan benar, untuk semakin memperjelas pemahaman Anda mengenai surat izin, berikut ini kami siapkan beberapa contoh surat izin yang ditujukan kepada sekolah serta tempat bekerja:

  1. Surat Izin Tidak Dapat Masuk Sekolah

Bandung, 14 Oktober 2019

Kepada Yth.

Ibu Guru Wali Kelas XI-IPA-3

SMA Harapan Kita

Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

nama    : Ivy Nadyra

kelas    : Xi-IPA-3

NIS     : 19970602

Alamat : Jalan Banjar No 9A Kompleks Griya Bumi Antapani RT 11 RW 5 Kelurahan Antapani Kidul.

Dengan ini memohon izin kepada Ibu Guru Wali Kelas untuk tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran pada Hari Selasa 15 Oktober 2019 karena diharuskan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atas penyakit Anemia yang dialaminya. Oleh karena itu, saya memohon kepada Ibu Guru untuk berkenan memberikan izin.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatian Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ivy Nadyra

  • Contoh Surat Izin Tidak Dapat Masuk Kerja

Bandung, 14 Oktober 2019

Kepada Yth.

Kepala Cabang PT. Terang Benderang Tbk.

Kantor Cabang Bandung Wilayah Regional III Jawa Barat

Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

nama              : Ivy Nadyra

NIP                 : 19970206

jabatan            : Senior Officer

alamat             : Jalan Banjar No, r Kompleks Griyabumi Antapani RT 11 Rw 05 Antapani Kidul Bandung

Dengan ini memberitahukan bahwa pada tanggal 15 Oktober – 17 Oktober 2019, saya tidak dapat masuk kerja dikarenakan sakit. Untuk itu, saya mohon izin untuk tidak masuk kerja selama tiga hari masa pemulihan. Adapun surat keterangan dari dokter saya lampirkan pada surat ini.

Demikian surat izin ini saya buat degan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Ivy Nadyra

Itu dia beberapa contoh surat izin yang dapat digunakan untuk keperluan izin sekolah atau pun bekerja yang bisa speedevelopment bahas. Contoh tersebut dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk menulis surat izin jika sewaktu-waktu dibutuhkan, semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: speeduser